Archive for the ‘Komunitas 416 Solo’ Category

Mas Bono , Teman yang baik hati dan tidak sombong

Mas Bono , Teman yang baik hati dan tidak sombong - Phone 0271 7975143 , Lokasi foto : di wedangan SIPIT

Sosok yang satu ini terasa paling supel dan orangya cukup low profile , sebagai seorang Anggota Radio Amatir Lokal Surakarta , beliau cukup aktif mengikuti berbagai kegiatan baik yang berlangsung di lokal ataupun di luar kota .

Sosok Mas Bono ini terlihat menjadi peserta lomba pada acara Ham Festifal 2008 yang di adakan di kota Bantul Jogjakarta . Bagi yang sudah pernah bertemu pasti melihat bagaimana sepak terjangnya saat mengikuti event Fox Hunting di jogja tersebut , selama dua hari beliau menginap di lokasi lomba karena event lain yang diikuti yaitu Lomba Autodubbling baru di laksanakan pada hari ke-duanya .

Temen temen lokal Solo-pun sudah tidak asing lagi , karena beliau aktif mengikuti Dukom Lebaran September 2008 ini . Nah kalo lagi pas ketemu di lokal beliau ini sebenarnya juga merupakan seorang vokalis yang memiliki spesialisasi lagu lagu barat tempo dulu atau yang lebih di kenal dengan Top Fourty atau Evergreen .

Mas Bono di dalam kesehariannya di sibukkan dengan aktifitasnya di bengkel mobil , karena beliau juga menjadi pemilik Bengkel Mobil yang terletak di daerah Klodran Solo bagian utara . Nah sudah tahu profile beliau kan ? kalo masuk di dial 416 ini sapalah beliau yang senantiasa pesawatnya stand by 24 jam .

Advertisements

Kenwood TM 241 , pesawat kesayanganku saat aku broadcast nyanyi pake keyboard Roland EXR5s di dial 416Sore ini minggu 7 september 2008 , bangun tidur soalnya semalem agak kenceng yang begadang . Iseng tanganku otomatis menyalakan radio kesayanganku Kenwood TM 241 SQ dan ku putar dial 416 … namun loh loh … lama udah dua jam lebih kok ada broadcaster radio 40 meterband di situ , maksudnya ada yang menyalakan monitor radio di 40 meter band ( dx station ) dan dipancar-ulangkan di dial 416 . Awal awalnya asik juga mendengarkan broadcast tersebut , lama kelamaan jadi bosan juga .

All band all mode transmitter Kenwood TS 440 , pingin punya sih ... cuma nunggu dapet arisan duluBercerita soal all band all mode transceiver , maka tentu saat ini telah ada keluaran produk produk terbaru dari beberapa pabrikan dengan berbagai merk-nya , diantara beberapa merk yang saya tahu adalah Kenwood TS 140 All Band All Mode Transceiver .

Namun tidak ada salahnya kalo kita menengok beberapa amatir radio tempo dulu yang pada waktu itu masih banyak yang memancar di 80 meter band , dan hal yang menarik adalah semua perangkat transmitter-nya adalah buatan sendiri ( kecuali receiver-nya yang pake radio cawang transistor ) .

Nah mengingat sejarah akan hal tersebut , maka tidak ada salahnya kita masih melanjutkan hobi kita dengan mencoba dan bereksperimen alias merakit sendiri . Namun biar nggak terlalu sulit , maka saya informasikan links situs yang di dalamnya memuat banyak sekali artikel tentang rangkaian homebrew . Salah satu situs yang saya lihat adalah dengan memakai branded ” BLEKOK ” , penasaran lihat langsung saja di http://www.geocities.com/indrasep/ .

Simak juga artikel lainnya yang tidak kalah seru di sini :

Automatic Antenna Tuner
Perjalanan Melakukan Eksperimen BITX, Single Band Blekok,
PLL, dan Frequency Counter

Eksperimen Multiband VFO dan Band Pass Filter (Untuk Band 1.8Mhz – 30Mhz)
Eksperimen Multiband HF Amplifier dan Low Pass Filter (Untuk Band 1.8Mhz – 30Mhz)

Demikian saya sampaikan informasi yang mudah mudahan membantu bagi saudara saudara yang mungkin berminat dan tertarik untuk mengenang masa lalu dengan merakit sendiri transmitter hf meskipun PCB Layout dan yang lainnya kita dapatkan dari sumber hasil design teman atau orang lain .

Selamat bereksperimen .

416 pasca Muslok X

Satu Bulan lebih setelah muslok ke X Orari Lokal Surakarta , barulah kepengurusan baru terbentuk dan pesta dunk ……… Acara pelantikan dan sosialisasi pengurus di barengkan dengan acara pembubaran panitia Muslok dan Panitia Lomba Autodoubling .

Pesta Tengkleng dan makanan kecil-pun menjadi kemeriahan tersendiri malam itu , juga ada pemutaran ulang acara muslok dan lomba autodoubling tersebut yang dulu sempat di tayangkan TV lokal . Wah untuk temen temen anggota baru yang kemarin juga baru saja di lantik menjadi peristiwa yang membanggakan , ada lebih 60 anggota baru yang kemarin hadir dan ikut memeriahkan acara tersebut .

Tidak kalah bersemangat adalah para anggota baru yang baru saja di lantik tersebut ikut memeriahkan acara pembubaran panitia malem itu apa lagi sudah resmi menyandang prefiks YD2-nya itu .

Bertepatan dengan bulan puasa dan lebaran dalam waktu dekat ini , maka tentu saja pengurus baru akan mengekspose gelar anggota dengan secara aktif menggelar DUKOM Lebaran ( Dukungan Komunikasi Lebaran ) . Seperti biasa pada tahun tahun sebelumnya , posko DUKOM Lebaran biasanya di tempatkan di beberapa titik antara lain Stasiun Kereta Api Solo Balapan , Terminal Bus Antar kota Tirtonadi dan di Jurug .

Bertahan sendiri bermain kata kata dan dengan alunan Roland EXR5s-ku aku menyanyikan beberapa lagu lagu sambil ngeceng di 416 …. SHOW must Go On , Aku tetap saja menikmati suasana santai dengan berdendang .

Teman teman semakin nampak aktif di dalam kegiatan organisasi tersebut antara lain Mas Bono – YD2GJT yang dines Dukom bergantian di semua titik pasti . Mudah mudahan akan banyak kegiatan positif yang dapat merangkul teman teman untuk ikut serta berperan aktif sehingga menambah suasana akrab dalam kebersamaan .

OK … udah agak capek juga nih , makanya stop di sini dulu ya ? kapan kapan kita bisa sambung lagi dalam suasana yang lebih fresh …

 

Aku dan temen temen di solo paling enjoy kalo lagi nongkrong di dial 416 ( 144.160 ) … ngebreak kali ya … ??? nah kalo temen temen lagi pada travelling di kota solo coba aja untuk putar dial di dial 416 tersebut .. beres bakal ada yang nemenin selama perjalanan mobile anda .

Kalo di dial 416 banyak juga temen temen yang belum memiliki callsign , toh dari mereka mereka juga nantinya akan muncul anggota anggota ORARI baru , kalo di dial 416 tersebut cari saja aku anytime … temen temen sering pada memanggilku ” JOKO KUCING GARONG ” ha haaa aaa …. ngeri to namaku ?????